Lebaran, 35 Puskesmas di Kebumen Buka 24 Jam

Kebumen, CyberNews. Sebanyak 35 Puskemas di Kebupaten Kebumen akan buka selama 24 jam selama Lebaran mendatang. Puskemas 24 jam mulai dilaksanakan mulai H-7 hingga +7 atau 23 Agustus hingga 7 September mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, dr HA Budi Satrio MKes mengatakan, selain Puskemas sejumlah rumah sakit juga disiagakan. Adapun rumah sakit rujukan yang ditunjuk yaitu, RSUD Kebumen, RS PKU Muhammadiyah Gombong, RSU Purbowangi, RS PKU Muhammadiyah Sruweng, RSU Purwogondo, RSI Siti Khodijah dan RSU Permata Medika.

Budi Satrio menambahkan, pihaknya juga akan mendirikan pos kesehatan di jalur mudik maupun di kawasan objek wisata. Total pos kesehatan yang dirikan di wilayah Kebumen sebanyak 27 pos.

“Pos kesehatan di jalan raya dan tempat-tempat umum dilaksanakan mulai H-7 hingga H+7. Sedangkan pos kesehatan di lokasi objek wisata dilaksanakan mulai H+1 sampai H+7,” ujar Budi Satrio kepada Suara Merdeka CyberNews, Minggu (14/8).

Adapun pos kesehatan di tempat wisata antara lain, di Pantai Ambal, Pantai Petanahan, Pantai Ayah, Waduk Sempor, Gua Jatijajar, Benteng Van der Wijck, Pantai Suwuk, dan Pemandian Air Panas (PAP) Krakal. Sejumlah sarana penunjung juga disiapkan di antaranya, 40 ambulans baik milik RSUD, RSU swasta, Puskesmas dan obat-obatan.

Selain itu, Tim Kejadian Luar Biasa (KLB) bertugas untuk memonitoring pos kesehatan, memantau KLB, menanggulangi berbagai penyakit yang mungkin muncul di lapangan, serta melakukan pengawasan penyakit impor yang berasal dari pendatang, seperti hepatitis, demam berdarah dan TBC.

“Kejadian luar bisa jika kasus penyakit yang meningkat jumlahnya lebih dari dua kali dalam kurun waktu yang sama. Misalnya kasus diare, demam berdarah, keracunan makan dan lain-lain,” tandasnya seraya menyebutkan jumlah tenaga kesehatan yang dipersiapkan meliputi 35 dokter umum, 10 dokter spesialis, 70 perawat, 35 epidemilog, dan 35 sanitarian.

( Supriyanto / CN31 / JBSM )

SUMBER